Selasa, 12 Juli 2016

Membuat System Minimum

Fungsi dari sistem minimum adalah untuk proses download program yang telah dibuat yaitu sistem yang akan di download dari sistem minimum ke mikrokontroler, sehingga program yang di download akan tertanam sebuah program di dalam chip mikrokontroler ini.

Bahan :
- Papan PCB polos.
- Pelarut secukupnya.
- Rangkaian sistem minimum yang sudah di desain.
- Kertas kalender.
- Resistor 10k.
- Capasitor 10uf.
- Capasitor 22uf sebanyak 2.
- Xtal 12mhz.
- Push button.

Silahkan lihat contoh rangkaian sistem minimum dibawah ini. Bisa diperhatikan dengan baik, contoh dari rangkaian sistem minimum untuk Atmega8535 diatas, yang mana rangkaian tersebut sudah di susun dengan baik. Silahkan didesain melalui Proteus, Eagle, Pcb desain atau sejenisnya untuk membuat rangkaian sistem minimum.

Langkah - langkah proses pembuatan Sistem Minimum :
1. Desain dulu rangkaian di PCB polos baik itu melalui eagle atau sejenis sesuai software pcb desain yang dikuasai.
2. Print ke kertas hvs lalu print lagi dari hvs ke kertas kalender.Setrika rangkaian yang sudah di print pada kertas transparan tersebut ke papan PCB polos.
3. Bersihkan area pada papan PCB polos dengan amplas atau sejenis agar kotoran/ karat pada papan hilang dan mudah lengket rangkaian tersebut.
4. Larutkan PCB yang telah disetrika dengan pelarut.
5. Bor untuk kaki komponen-komponennya, pasang dan solder komponen sesuai tempatnya.

Saatnya mencoba sistem minimum, jika belum berhasil silahkan dicek lagi dengan baik apakah ada rangkaian yang terputus atau lain lain. Apabila terputus silahkan di perbaiki lagi mungkin bisa di tambal dengan timah saja.


Untuk mendownload file silahkan klik Disini

0 komentar:

Posting Komentar